Monday 22 January 2018

Jenis - Jenis Artificial Lure (Umpan Tiruan) Terpopuler

Pada konsepnya memancing karena hobi maupun untuk kelangsungan hidup sama yaitu untuk menangkap ikan target. hal yang harus diperhatikan selain menyiapkan piranti yaitu menggunakan umpan. Terkadang jika kita ingin menggunakan live bait / umpan hidup sangat sulit mendapatkannya, umumnya malas. hahaha
konsekwensinya ya harus membeli umpan tiruan. Dalam tulisan ini yuk kita membahas tentang jenis jenis umpan tiruan (Artificial Lure) yang biasa digunakan untuk memancing dengan teknik casting.
Artificial lure dari artinya jelas yaitu umpan tiruan yang pada dasarnya menggantikan umpan alami (Live Bait). Lure ini di desain untuk menarik perhatian ikan untuk memakannya, dan bentuknya pun hampir mirip dengan aslinya yang seolah hidup. material lure bermacam-macam ada yang berbahan kayu, plastik, metal, coral. Lure yang ada dipasaran memliki karakter yang berbeda-beda baik dari actionnya, warna, serta vibration yang dihasilkan. berbeda karakter lure beda pula ikan yang ditargetkan. dikarenakan kebiasaan tempat tempat makannya ikan berbeda-beda maka Lure memiliki karakter yang berbeda pula. ada 3 karakter lure yang umum di buat oleh produsen yaitu, Top water lure (Permukaan air) ,lure ini di khususkan untuk mentargetkan ikan predator yang kebiasaannya memakan ikan kecil yang berada di permukaan air. actionnya juga bervariasi seperti splashing, WTD (Walk-the-dog), zig-zag dan lain-lain. Kedua, Subsurface Lure (Dibawah Permukaan air), Lure ini memiliki action sedikit dibawah permukaan air dicirikan memiliki lidah yang pendek di mulut lure tersebut. seperti lure Floating, walaupun sifat lure ini mengambang dipoermukaan air tetapi jika kita memainkan twitching atau slow/fast retrieve, lure ini akan membuat action menyelam. Rentang jarak kedalaman subsurface lure yaitu sekitar 0.30 Meter - 1.5 Meter. Dan terakhir Diving Lure (Tipe umpan menyelam), Jika dibandingkan dengan subsurface lure, lure ini akan menyelam lebih dalam karena memiliki lidah yang lebih lebar dan panjang. semakin lebar ataupun semakin panjang lidahnya maka semakin dalam pula lure ini menyelam. Rentang kedalamannya yaitu sekitar 2.5 Meter - 6 Meter.

Jika kita sudah memahami 3 karakter lure diatas, maka akan membuat sobat sobat pemancing lebih mudah untuk memilah sesuai kebutuhan dan ikan yang akan ditargetkan. Berikut jenis-jenis lure yang populer untuk casting.

1. Popper 
Popper merupakan lure yang memiliki ruang hampa didalamnya sehingga dapat berjalan dipermukaan air. teknik menggunakan lure ini yaitu dengan slow retrieve diiringi dengan twitching sehingga menimbulkan action.
popper memiliki bebrapa jenis yaitu chugger, pencil, dan stickbait.

Popper Chugger memiliki bentuk mulut seperti mangkuk yang bertujuan splashing air pada saat twitching, dapat digunakan di laut maupun air tawar. ukuran lure ini bermacam-macam tergantung besar kecilnya ikan target.
 biasanya untuk casting di air laut ukurannya lebih besar dibanding air tawar.
Chugger


Pencil Popper banyak para angler menamainya popper pisang , bentuk tubuhnya yang ramping hampir menyamai berntuk pisang ini memiliki action yang berbeda dengan chugger yang menarik perhatian ikan dengan splashing air, melainkan dengan action zigzag atau WTD (Walk the dog). penggunaannya simpel dan sangat mudah cukup dengan sedikit latihan yaitu melemparnya ke zona strike lalu arahkan joran kesamping dengan ujung tip kebawah kemudian twitching seiring dengan konstan retrieve.  
Pencil Popper


Stickbait hampir menyerupai pencil popper, perbedaan yang paling jelas yaitu bentuk mulutnya tidak terlalu runcing seperti pencil popper serta bentuknya yang tidak sepanjang pencilpopper. jika pencil popper bisa dimodifikasi untuk action di bawah permukaan air tidak dengan stickbait yang dirancang khusus untuk action dipermukaan air. penggunanaanya sama seperti pencil popper.
Stickbait


2. Minnow     
Minnow termasuk lure yang dikategorikan Subsurface dan Diving lure. Minnow umumnya berbentuk menyerupai ikan kecil yang memiliki karakter, berat, warna, action yang bervariasi. Kedalaman menyelamnya pun berbeda pula. yaitu
- Floating, lure ini jika kita biarkan setelah dilemparkan ke air akan tetap mengambang. apabila kita retrieve maka lure ini akan menimbulkan action dan akan menyelam dan jika kita pause (berhenti sejenak) maka lure ini akan kembali mengambang seperti semula. Kedalaman menyelam lure ini juga bervariasi. ada shallow diving dan ada deep diving. Shallow untuk kedalaman air yang dangkal sekitar 1 - 3 meter, sedangkan deep kedalaman 3 meter sampai 6 meter. Lure floating sangat efisien untuk memancing dilokasi air yang banyak ranting-ranting pohon di bawahnya, atau bebatuan karang. Jika bingung mengetahui bagaimana karakter floating lure. mudah saja, lure ini ditandai dengan huruf "F" di spesifikasi produknya.

-Suspending, memiliki karakter yang sidikit meyerupai floating lure hanya sedikit saja perbedaan jika kita cast menggunakan suspending lure, lure ini memiliki karakter melayang di dalam air. bagian punggung lure timbul dipermukaan dan bagian kepala akan sedikit tenggelam. action dan daya selamnya jiga bervariasi. dicirikan dengan huruf "SP".


-Sinking, lure ini memiliki bobot lebih berat jika dibandingkan dengan floating lure dan suspending lure, jika kita cast menggunakan lure ini maka lure akan tenggelam perlahan dengan sendirinya. jadi kita tinggal retrieve perlahan saja. tingkat kedalamannya pun bervariasi.
50S (Sinking)

3. Vibration / Vibe / Swimbait
Vibration / Vibe / Swimbait masuk dalam kategori diving lure. lure ini biasanya memiliki daya selam hingga di tengah kedalaman air. dinamakan vibration karena action lure ini menimbulkan getaran-getaran didalam air layaknya ikan kecil yang berenang didalam air. berbeda dengan minnow, lure ini tidak dikaitkan di mulut lure melainkan dipunggung lure. sehingga sangat mudah untuk memainkan action lure vibe ini cukup menggulungnya perlahan atau cepat maka lure ini akan mengeluarkan action dengan sendirinya.
4. Metal jig
Metal jig adalah salah satu umpan tiruan yang diperuntukkan untuk memancing teknik jigging. berbahan metal seperti timbal yang di balut dengan aksen bentuk dan warna yang menyerupai ikan. memiliki berat yang lebih dibanding minnow layaknya timbal / sinker, berat metal jig pun bervariasi mulai 10g - 500g. tergantung teknik jigging dan kedalaman air tempat memancing, teknik menggunakan metaljig cukup mudah cukup melontarkannya ke air, tunggu sampai mencapai dasar laut lalu retrieve dan joran di ayun-ayunkan keatas sesuai ritme jigging. metaljig berlaku untuk slowpitch jigging maupun fast jigging. teknik jigging selengkapnya dibahas disini

5. Crankbait
bentuk lure ini menyerupai ikan kecil yang "bantet" dengan memiliki lidah yang datar dibagian mulut bentuk yang dikhususkan untuk menyelam dan tetap berada dibawah air. action lure ini sangat liar dan bahkan tidak beraturan. aksen ini seperti ikan kecil yang sedang mabok / sekarat sehingga mengundang ikan predator untuk memakannya.
Crankbait

6. Froggy
Jika anda pemancing yang hobi mencari ikan gabus, inilah umpan yang umumnya dipakai para angler. bentuk dan action menyerupai kodok. tipe froggy memiliki dua jenis yaitu soft frog dan hard frog. selain dari bahan material yang berbeda, dengan memakai double hook yang dipasang menengadah ke atas, biasanya soft frog memiliki hook yang menyatu dengan tubuhnya karena lbentuk badan yang elastis. sedangkan hard frog di pasang dibelakang body. biasanya terdapat blade (spinner blade) di bagian depan agar menimbulkan gelembung-gelembung dan suara getaran untuk mengundang ikan target.  
Soft frog
Hard frog

7.Spoon
Lure yang satu ini dari namanya sudah jelas bahwa bentuk spoon menyerupai sendok. didesain seperti lengkungan sendok stainless yang memantulkan sinar jika berada didalam air. lengkungan spoon dibuat agar menimbulkan action wobble (goyang) jika kita memainkannya. penggunaan lure ini sangat mudah cukup lempar lalu retieve perlahan dan ulangi terus menerus sampai ikan target menyambarnya.

8.Soft lure
Soft lure atau nama lainnya soft plastic lure adalah jenis lure yang berbahan plastik elastis. bentuknya bermacam-macam ada yang bentuknya menyerupai cacing yang memiliki ekor curly, ikan, sotong dan lain-lain. jika ingin memakai lure ini pasangannya adalah jig head, jig head bentuknya seperti hook layaknya hook hanya saja hook ini khusus diperuntukkan untuk soft lure biasanya ditambahkan sinker dibagian pangkalnya, di buat seperti bola yang seolah menjadi bagian kepala pada soft lure tersebut. pemasangan sor lure ke jighead sangat mudah. liat gambar dibawah.
soft lure


Softlure yang terpasang di jighead

9. Egi / Squid
Lure ini dikhususkan untuk teknik memancing eging (memancing cumi cumi) bentuknya menyerupai bentuk udang terdapat sinker di bagian depan, dan hook di bagian bawah. berat dan ukuran pun bermacam-macam. sinker di depan berguna agar hook dibagian belakang tidak tersangkut oleh karang, rumput maupun kayu.

Demikian penjelasan dari beberapa lure yang umumnya digunakan para pemancing. jika anda pemancing teknik casting maka tidak lepas dari lure-lure diatas. pemilihan lure yang baik tidak harus merogoh kocek yang dalam. yang terpenting untuk lure adalah action itu sendiri. semoga bermanfaat ya guys.

Salam ikan poyot !
Share: