Monday 22 January 2018

7 Teknik Memancing 2018

Some say cara yang paling praktis untuk memancing "kait umpan di kail, pasang timbal /pemberat, dan ikan akan memakan, lagi dan lagi". ini adalah satu teknik memancing, banyak teknik memancing yang digunakan untuk berbagai jenis target ikan. setiap ikan dan tempat meiliki teknik memancing sendiri, setiap pemancing memiliki caranya memancing favoritnya sendiri.

disini ada 7 teknik memancing yang populer digunakan untuk penghobby mancing dizaman now :

1. Dasaran /Bottom fishing
Teknik ini paling umum dan paling simple digunakan para angler untuk menangkap iiakn target. teknik ini ditargetkan untuk ikan ikan dasaran, ikan karang dalam seperti ikan kerapu, poyot, ketarap, bahkan kakap merah.
Ada dua cara untuk memancing menggunakan teknik dasaran. handline-ing dan menggunakan joran. info selengkapnya tentang teknik dasaran disini <link dasaran>

2. Trolling
Trolling teknik

Trolling digunakan untuk mentargetkan ikan ikan besar yang beraktifitas di  tengah maupun di permukaan air. biasanya targetnya ikan pelari cepat atau pelagis seperti tenggiri, tuna, barracuda yang biasa memakan ikan ikan kecil dipermukaan air. teknik trolling dilakukan menggunakan boat yang berjalan dengan mengaitkan umpan potongan ikan maupun umpan tiruan dan di lemparkan ke air. begitu sampai mendapatkan ikan target.
3. Jigging
Jigging teknik

Jigging adalah teknik yang diperkenalkan oleh pemancing dari jepang. tekniknya memakai umpan metal jig yang dijatuhkan sampai kedasar air dan di reel up dengan ritme tertentu, ritme cepat (fast jigging) ataupun ritme lambat (slow jigging) sampai metal jig naik ke permukaan air, selanjutnya di ulangi sampai mendapatkan ikan target. teknik ini mentargetkan ikan-ikan besar yang beraktifitas di dasar sampai pertengahan air laut seperti amberjack, GT, Kerapu, tuna sirip kuning dan lain lain.

4. Casting
Casting

Ada dua cara dalam teknik casting yaitu spinning casting, dan baitcasting. keduanya sama prinsipnya memakai umpan tiruan (hard lure, soft lure) untuk menangkap ikan target.jenis jenis umpan casting selengkapnya kita bahas disini
Perbedaan yang krusial ada pada piranti yang digunakan. spinning casting menggunakan spinning reel sedangkan baitcasting menggunakan reel baitcaster. teknik ini bisa dilakukan di perairan laut, muara, maupun tawar. ikan targetnya yaitu ikan karang, barramundi, MJ, bass, gabus dll.

5. Eging (squidding)
Eging merupakan teknink memancing cumi cumi yang dipopulkerkan pemancing tradisional jepang, menggunakan lure cumi-cumi "egi".
Egi Lure

Tekniknya yaitu dengan melemparkan egi ke dasar laut, lalu retrieve dengan twitching, atau  slow retrieve. teknik ini bisa dilakukan di bebatuan pinggiran laut dan di atas boat.

6. Ajing
Aji atau dengan kata lain “Japanese Horse Mackerel” atau biasa disebut dengan ikan kembung adalah target dari permainan menancang ini. Ikan ini biasanya dipancing menggunakan “sabiki” atau feather rig (umpan berbulu), itu jika kita ingin menangkapnya dengan mudah. Tetapi jika kita menggunakan “soft plastic lure” berukuran kecil maka kita akan merubah cerita dari permainan ini jadi lebih seru dan menantang. adapun piranti yang digunakan yaitu piranti ultralight.
banyak yang masih belum bisa membedakan antara ajing dan ultralight. kebanyakan angler menganggapnya ajing ya UL... tetapi perlu diketahui bahwa Ajing itu merupakan teknik sedangkan Ultralight itu adalah piranting yang digunakan untuk ajing. jadi next jangan salah persepsi ya guys.
Ajing menggunakan softlure

Inilah 7 teknik memancing yang sedang booming di tahun 2018, masih banyak teknik-teknik memancing lainnya yang tidak tertulis di artikel ini. mohon masukan dan sarannya untuk membantu membangun blog ini.
Semoga bermanfaat !
Share: