Thursday 25 January 2018

Teknik Bottom Fishing ( Dasaran )

Predator besar seperti ikan kerapu, kertang, red snapper adalah ikan yang biasa beraktifitas didasar air laut. sehingga memerlukan teknik yang tepat untuk mendapatkannya yaitu dengan teknik dasaran atau yang juga dinamakan teknik ngoncer. Teknik ini adalah teknik yang paling sering digunakan para angler pada saat boat fishing tidak sedikit juga yang melakukannya di landbase. 
Teknik yang bisa dibilang mancing malas ini kita cukup merangkai rig untuk bottom fishing lalu biarkan dia tenggelam di dasar laut, dan pada saat sinker telah menyentuh dasar laut, tinggal menunggu sambaran ikan saja. bukan hanya itu, teknik bottom fishing memerlukan skill agar sinker atau hook tidak tersangkut pada saat memancing, apalagi dalam posisi drifting boat. Bottom fishing dapat dilakukan dengan joran ataupun handline.
Umumnya umpan yang digunakan ialah live bait / umpan hidup seperti udang, sotong, bisa juga memamakai ikan segar yang di potong-potong.
yang paling utama dalam bottom fishing adalah pemberat / sinker. ini membantu membawa umpan yang kita pasang ke dasar laut dan ukuran berat sinker membantu agak tidak terlalu melayang pada saat terkena arus. 
Piranti yang digunakan untuk bottom fishing ialah piranti yang umum digunakan untuk memancing air laut, yaitu,
- Joran = Panjang joran minimal 5" sampai 7" action medium to heavy.

- Reel = Berukuran berkisar minimal 4000 - 8000 (tergantung diameter tali yang dipakai), lebih baik memakai reel khusus untuk salwater, selain bahannya yang tidak mudah korosi, bearing juga tidak cepat rusak.

- Sinker = Jika dasar air berkarang, sebaiknya menggunakan dropshot sinker / egg sinker
Bentuk eperti telur bertujuan agar terjaga dari karang atau bebatuan didasar air.
jika keadaan arus sangat cepat baiknya memakai Piramid sinker. bertujuan agar cepat tenggelam.
Pyramid sinker


- Kail / hook = Hook berbahan carbon, atau stainless agak tidak mudah berkarat

- Rig
Rig adalah rangkaian item yang digunakan untuk memancing. rig sangat diperlukan agar memancing lebih efisien, banyak nama-nama rangkaian rig untuk berbagai macam teknik memancing. berikut adalah rig yang umum digunakan untuk bottom fishing.


demikian sedikit informasi mengenai bottom fishing. semoga bermanfaat ya guys!!
Share: