Thursday 25 January 2018

Mengenal Lebih Dalam Spesifikasi Joran

Ada beberapa spesifikasi yang digunakan produsen joran untuk menggambarkan penggunaan joran. termasuk kekuatan joran itu sendiri, action, range tali yang digunakan, bobot umpan, dan jumlah bagian (piece). sebelum lebih dalam membahas spesifikasi dari umumnya joran, kita liat yuk nama-nama bagian pada joran. liat gambar di bawah
ket:
1. Top Section / piece
2. Ring tip
3. Ring Guide
4. Reel seat
5. Butt Section

Adapun Spesifikasi tersebut terdiri dari :

 1. Power
Dikenal juga sebagai daya kekuatan joran tersebut. joran bisa diklasifikasikan seperti ultra-light, medium, medium heavy, ultra heavy dll. power sering di indikasikan dari tipe mamancing yang dilakukan, target ikan, atau ukuran ikan yang akan menjadi target. ultralight digunakan untuk mentargetkan ikan - ikan kecil dibawah 2kg, sedangkan ultraheavy di targetkan mencari ikan monster dilautan. tetapi semua tergantung pemakai joran itu sendiri. tidak sedikit kok joran UL di targetkan untuk menaikkan monster.

2. Action Action berarti kecepatan lengkungan joran kembali kepada posisi semula. liat gambar diatas, slow action berarti kecepatan joran kembali lurus (pada saat loading) akan lambat, begitu juga seterusnya. perelu ditekankan bawa action tidak mengacu kepada kelenturan joran. material dan bahan blank joran mempengaruhi action joran tersebut, blank joran berbahan fiberglass memiliki action yang lebih lambat actionnya dibandingkan blank berbahan carbon fiber atau graphite.
3. Line weight
joran umumnya diklasifikasikan dari berat optimal tali yang digunakan, bukan berat talinya itu sendiri, melainkan kapasitas tali tersebut biasanya sih memakai satuan Lbs.
2-6 Lbs untuk ultralight,  6-12 Lbs medium, 10 - 20Lbs Medium Heavy dan seterusnya.

4. Lure weight 
rata-rata di bagian joran juga tertera berapa berat optimal lure yang dipakai, untuk menjaga agar lebih efisien.

5. Number of pieces
beberapa pilihan yang harus dipertimbangkan dalam memilih joran, yaitu berapa piece joran tersebut. jika ingin merasakan joran yang "sensitif" maka pilihlah joran 1 piece. joran sambung dua mid joint sangat umum digunakan, juga butt joint, bahkan ada yang 4 joint ini disebut dengan travel rod.

Spesifikasi joran biasanya tertera di joran itu sendiri, bagaimana cara membacanya??
kita contohkan gambar disamping, joran Majorcraft, tertera SPS-S702M.
 -SP = Solpara (Merk majorcraft)
 -S = Spinning (Tipe Joran)
 -S = Slow (Action)
 -70 = 7,0 inch (Panjang joran)
 -2 = Piece (2 Piece)
Tertera juga Lure dan Line Wieght.


Simpel kan.
Share: